Pengaruh Pengaruh Media Audiovisual terhadap Tingkat Pemahaman Siswa tentang Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia
Abstract
Teknologi merupakan sarana pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk teknologi berupa media audiovisual yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Kegagalan dalam pemahaman belajar Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia bagi siswa sekolah kesehatan bisa berdampak buruk dalam menentukan tindakan keperawatan di klinik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap tingkat pemahaman siswa tentang anatomi fisiologi tubuh manusia di SMK Kesehatan Hamzar Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa diambil dengan menggunakan total sampling, yang kemudian dibagi menjadi 22 siswa sebagai kelas kontrol dan 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan materi dengan media audiovisual, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan buku paket. Pemahaman siswa dinilai dengan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian didapatkan, setelah dilakukan intervensi, tingkat pemahaman siswa kelompok eksperimen sebagian besar pada kategori pemahaman baik sebanyak 18 siswa (81,2%), sedangkan pemahaman siswa kelompok kontrol sebagian besar pada kategori kurang baik sebanyak 15 orang (68,2%). Berdasarkan hasil dari uji dengan independent sampe t-test didapatkan p value 0,000 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh media audiovisual terhadap tingkat pemahaman siswa tentang anatomi fisiologi tubuh manusia.
References
Cheng, X., Ka Ho Lee, K., Chang, E. Y., & Yang, X. (2017). The “flipped classroom” approach: Stimulating positive learning attitudes and improving mastery of histology among medical students. Anatomical Sciences Education, 10(4). https://doi.org/10.1002/ase.1664
Daryanto. (2016). Yogyakarta : Media Pembelajaran. Gava Media.
Eckman, M. H., Wise, R., Leonard, A. C., Dixon, E., Burrows, C., Khan, F., & Warm, E. (2012). Impact of health literacy on outcomes and effectiveness of an educational intervention in patients with chronic diseases. Patient Education and Counseling, 87(2). https://doi.org/10.1016/j.pec.2011.07.020
Efthymis, L., Michael, S., Alexia, G., Panagiotis, P., Vassiliki, A., Kate, V., & Spyros, P. (2014). Disaster Data Centre—An Innovative Educational Tool for Disaster Reduction through Education in Schools. Journal of Power and Energy Engineering, 02(09). https://doi.org/10.4236/jpee.2014.29006
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Evans Darrell, J. R., Huat, B. B., Wilson Timothy, D., Smith Claire, F., Nirusha, L., & Wojciech, P. (2020). Going virtual to support anatomy education: A STOP GAP in the midst of the Covid-19 pandemic. https://anatomypubs. onlinelibrary. wiley. com/doi/pdfdirect/10.1002/ase. 1963.
Falahudin, Iwan. (2014) Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Issue 4), Balai Diklat Keagamaan Jakarta 104.
Nussenbaum, K., & Amso, D. (2016). An Attentional Goldilocks Effect: An Optimal Amount of Social Interactivity Promotes Word Learning From Video. Journal of Cognition and Development, 17(1). https://doi.org/10.1080/15248372.2015.1034316
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Pather, N., Blyth, P., Chapman, J. A., Dayal, M. R., Flack, N. A., Fogg, Q. A., ... & Lazarus, M. D. (2020). Forced disruption of anatomy education in Australia and New Zealand: An acute response to the Covid‐19 pandemic. Anatomical sciences education, 13(3), 284-300.
Pearce, E.C. (2016). Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: PT. Gramedia Utama.
Pujol, J., Blanco-Hinojo, L., Martínez-Vilavella, G., Canu-Martín, L., Pujol, A., Pérez-Sola, V., & Deus, J. (2019). Brain activity during traditional textbook and audiovisual-3D learning. Brain and Behavior, 9(10), e01427. https://doi.org/10.1002/BRB3.1427
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Copyright (c) 2022 Ririnisahawaitun, Hikmah Lia Basuni, Nandang DD Khairari, Baiq Fina Farlina, Hariawan Junardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with ProHealth Journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant ProHealth Journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in ProHealth Journal.
-
Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in ProHealth Journal.