Pengaruh Pengaruh Media Audiovisual terhadap Tingkat Pemahaman Siswa tentang Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia

  • Ririnisahawaitun STIKes Hamzar
  • Hikmah Lia Basuni STIKes Hamzar Lombok Timur, Indonesia
  • Nandang DD Khairari STIKes Hamzar Lombok Timur, Indonesia
  • Baiq Fina Farlina STIKes Hamzar Lombok Timur, Indonesia
  • Hariawan Junardi STIKes Hamzar Lombok Timur, Indonesia
Keywords: Anatomi, Fisiologi, Pemahaman, Siswa, Tubuh manusia

Abstract

Teknologi merupakan sarana pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk teknologi berupa media audiovisual yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Kegagalan dalam pemahaman belajar Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia bagi siswa sekolah kesehatan bisa berdampak buruk dalam menentukan tindakan keperawatan di klinik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap tingkat pemahaman siswa tentang anatomi fisiologi tubuh manusia di SMK Kesehatan Hamzar Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa diambil dengan menggunakan total sampling, yang kemudian dibagi menjadi 22 siswa sebagai kelas kontrol dan 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan materi dengan media audiovisual, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan buku paket. Pemahaman siswa dinilai dengan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian didapatkan, setelah dilakukan intervensi, tingkat pemahaman siswa kelompok eksperimen sebagian besar pada kategori pemahaman baik sebanyak 18 siswa (81,2%), sedangkan pemahaman siswa kelompok kontrol sebagian besar pada kategori kurang baik sebanyak 15 orang (68,2%). Berdasarkan hasil dari uji dengan independent sampe t-test didapatkan p value 0,000 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh media audiovisual terhadap tingkat pemahaman siswa tentang anatomi fisiologi tubuh manusia.

References

Chang, M. F., Liao, M. L., Lue, J. H., & Yeh, C. C. (2022). The impact of asynchronous online anatomy teaching and smaller learning groups in the anatomy laboratory on medical students’ performance during the Covid-19 pandemic. Anatomical Sciences Education, 15(3). https://doi.org/10.1002/ase.2179
Cheng, X., Ka Ho Lee, K., Chang, E. Y., & Yang, X. (2017). The “flipped classroom” approach: Stimulating positive learning attitudes and improving mastery of histology among medical students. Anatomical Sciences Education, 10(4). https://doi.org/10.1002/ase.1664
Daryanto. (2016). Yogyakarta : Media Pembelajaran. Gava Media.
Eckman, M. H., Wise, R., Leonard, A. C., Dixon, E., Burrows, C., Khan, F., & Warm, E. (2012). Impact of health literacy on outcomes and effectiveness of an educational intervention in patients with chronic diseases. Patient Education and Counseling, 87(2). https://doi.org/10.1016/j.pec.2011.07.020
Efthymis, L., Michael, S., Alexia, G., Panagiotis, P., Vassiliki, A., Kate, V., & Spyros, P. (2014). Disaster Data Centre—An Innovative Educational Tool for Disaster Reduction through Education in Schools. Journal of Power and Energy Engineering, 02(09). https://doi.org/10.4236/jpee.2014.29006
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Evans Darrell, J. R., Huat, B. B., Wilson Timothy, D., Smith Claire, F., Nirusha, L., & Wojciech, P. (2020). Going virtual to support anatomy education: A STOP GAP in the midst of the Covid-19 pandemic. https://anatomypubs. onlinelibrary. wiley. com/doi/pdfdirect/10.1002/ase. 1963.
Falahudin, Iwan. (2014) Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Issue 4), Balai Diklat Keagamaan Jakarta 104.
Nussenbaum, K., & Amso, D. (2016). An Attentional Goldilocks Effect: An Optimal Amount of Social Interactivity Promotes Word Learning From Video. Journal of Cognition and Development, 17(1). https://doi.org/10.1080/15248372.2015.1034316
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Pather, N., Blyth, P., Chapman, J. A., Dayal, M. R., Flack, N. A., Fogg, Q. A., ... & Lazarus, M. D. (2020). Forced disruption of anatomy education in Australia and New Zealand: An acute response to the Covid‐19 pandemic. Anatomical sciences education, 13(3), 284-300.
Pearce, E.C. (2016). Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: PT. Gramedia Utama.
Pujol, J., Blanco-Hinojo, L., Martínez-Vilavella, G., Canu-Martín, L., Pujol, A., Pérez-Sola, V., & Deus, J. (2019). Brain activity during traditional textbook and audiovisual-3D learning. Brain and Behavior, 9(10), e01427. https://doi.org/10.1002/BRB3.1427
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2022-12-29
How to Cite
Ririnisahawaitun, Basuni, H. L., Khairari, N. D., Farlina, B. F., & Junardi, H. (2022). Pengaruh Pengaruh Media Audiovisual terhadap Tingkat Pemahaman Siswa tentang Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. ProHealth Journal, 19(2), 92-96. https://doi.org/10.59802/phj.202219293
Section
Articles