PENGARUH TERAPI BEKAM TERHADAP KADAR ASAM URAT (URIC ACID) PADA PENDERITA GOUT ARTHRITIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KORLEKO

  • Syahri Rafida
  • Anatun Aupia STIKes Hamzar
  • Saifurrahman STIKes Hamzar
Keywords: Terapi Bekam, Gout Arthritis, Asam Urat

Abstract

Latar Belakang : Gout arhritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan Kristal asam urat akibat kadar dalam darah yang selalu berlebihan. Terapi bekam merupakan salah satu pengobatan alternative yang saat ini banyak digunakan di masyarakat luas. Terapi Bekam merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang terkontaminasi toksin atau oksidan dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Bekam dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit serta dapat menurunkan kadar asam urat.

Tujuan: Mengetahui Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Kadar Asam Urat (Uric Acid) Pada Penderita Gout Arthritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Korleko Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Pre Eksperimen drengan rancangan One Group Pretest-Postest Desaign. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 40 responden dengan tehnik total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Willcoxon Signed Rank Test.

Hasil: Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai Z= -4,764 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan ada perpedaan yang signifikan melakukan terapi bekam terhadap kadar asam urat (uric acid) pada penderita gout arthritis di wilayah kerja puskesmas korleko.

Kesimpulan: Terapi bekam dapat menurunkan kadar asam urat pada penderita gout arthritis. Disarankan kepada penderita untuk memanfaatkan bekam sebagai terapi dengan terlebih dahulu melakukan tes kadar asam urat. Ada perbedaan yang signifikan melakukan terapi bekam terhadap kadar asam urat (uric acid) pada penderita gout arthritis di wilayah kerja puskesmas korleko.

Saran: Berdasarkan hasil tersebut diharapkan bagi penderita untuk rajin mengontrol atau mengecek kadar asam uratnya, baik itu di puskesmas atau dipelayanan kesehatan lainnya.

Published
2022-07-21