Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids Dengan Upaya Pencegahan Hiv/Aids Di SMAN 1 Aikmel

  • Siti Muhaimin STIKes Hamzar
  • Suhaemi DIII Kebidanan STIKes Hamzar
  • Husniyati Sajalia DIII Kebidanan STIKes Hamzar
Keywords: Pengetahuan, sikap, upaya atau tindakan pencegahan HIV/AIDS

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja adalah masa dimana individu berada pada mobilitas sosial yang paling tinggi. Mobilitas sosial yang tinggi ini akan membuka peluang baginya untuk terpapar terhadap berbagai perubahan sosial, kultural, budaya, serta fisik maupun psikologis. Akibatnya remaja tersebut mempunyai kerentanan yang tinggi terhadap penularan berbagai jenis penyakit khususnya HIV/AIDS.

Tujuan: Untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS Dengan Upaya Pencegahan HIV/AIDS di SMAN 1 Aikmel 2022

Metode : Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode cross- sectional. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 80 remaja dari kelas X di SMAN 1 Aikmel dengan menggunakan classter random sampling. Variable bebas dalam penelitian ini berupa pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS, sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu upaya atau tindakan pencegahan HIVAIDS,Instrument menggunakan questioner dan data dianalilis menggunakan Chi Square

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan tindakan pencegahan HIV/AIDS pada remaja di SMAN 1 Aikmel (p=0,001) Ada hubungan sikap tentang HIV/AIDS dengan tindakan pencegahan HIV/AIDS pada remaja di SMAN 1 Aikmel (p=0,000)

 Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan bahwa Sebagian besar tingkat pengetahuan remaja SMAN 1 Aikmel tentang HIV/AIDS yaitu kurang, sebagian besar sikap tentang HIV/AIDS yaitu negatif dan sebagian besar upaya pencegahan yaitu tidak melakukan.

References

ANTARA. 2021. KPA Catat 560 Kasus Hiv/Aids Di Mataram. https://www.antaranews.com/berita/2557689/kpa-catat-560-kasus-hiv-aids-di-mataram.

Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Dan Penelitian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Asila. 2017. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Tentang HIV/AIDS Dengan Tindakan Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja Di SMAN 2 Kota Bau-Bau.

Ayu. 2019. Tingkat Kepatuhan Orang Dengan HIV/AIDS Dalam Menjalani Terapi Berdasarkan Perbedaan Regimen Antiretropiral Di RSUD KRT SETJONEGORO WONOSOBO.

Berek, P. A., Be, M. F. Rua, Y. M., & Anugrahini, C. 2019. Hubungan Jenis Kelamin Dan Umur Dngan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS di SMAN 3 Atambua Nusa Tenggara Timur.

Desilianty. 2011. Gambaran Prilaku Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Mengenai HIV/AIDS Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tanjungpura.

Dinas Kesehatan Lombok Timur 2020. Jumlah Penderita HIV/AIDS. https://wartarinjani.net

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. https://www.kemkes.go.id/app_asset/file_content_download/Profil-Kesehatan-Indonesia-2020.pdf.

Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Priastana dan Hendra. 2018 Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Dengan Sikap Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja.

Pusdatin Kementerian Kesehatan RI.2020. United Nations Programme on HIV and AIDS (UNAIDS). 2019.

Rahayu, 2017 . Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang HIV /AIDS Dengan Prilaku Seksual Pranikah Pelajar

Riyanto. 2017. Aplikasi Metode Penelitian Kesehatan. Ygyakarta : Nuha Medika

Sawaki, 2017 Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS di SMP dan SMA di Wamena, Papua. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

UNAIDS, (United Nations Programme on HIV/AIDS). 2019. http://aidsinfo.unaisd.org

WHO.2019. About HIV/AIDS.

Published
2023-12-27
How to Cite
Siti Muhaimin, Suhaemi, & Husniyati Sajalia. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids Dengan Upaya Pencegahan Hiv/Aids Di SMAN 1 Aikmel. ProHealth Journal, 20(2), 81-86. https://doi.org/10.59802/phj.2023202116