PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA MUDA HIJAU DAN REBUSAN DAUN ALPUKAT TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA DENGAN HIPERTENSI DI DUSUN DASAN TIGA WILAYAH KERJA PUSKESMAS DASAN LEKONG

  • Muliani
  • Maruli Taufandas STIKes Hamzar
  • Saifurrahman STIKes Hamzar
  • Muh. Jumaidi Sapwal STIKes Hamzar
Keywords: Air Kelapa Muda Hijau Dan Rebusan Daun Alpukat, Hipertensi, Lansia

Abstract

Latar Belakang: Salah satu gangguan yang sering muncul padalanjut usia adalah hipertensi. di indonesia di perkirakan bahwa penduduk yang terserang hipertensi  sebanyak 1,8-2,86 %. Penderita hipertansi dapat di berikan air kelapa muda hiaju dan rebusan daun alpukat yang banyak sekali manfaatnya diantaranya daoat menurunkan tekanan darah .

Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian air kelapa muda hijau dan rebusan daun alpukat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia yang menderita hipertensi.

Metode: jenis penelitian ini menggunakan pree ekperimen ,dengan rancangan pree tes dan post test.lokasi penelitian di dusun dasan tiga wilayah kerja puskesmas dasan lekong. Dalam penelitian ini sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 orang.

Hasil:  uji statistik menggunakan ui t-test dan one way anova dengan taraf signifikan 0,491 artinya ada pengaruh pemberian air kelapa muda hijau dan rebusan daun alpukat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipoertensi.

Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada tenaga kesehatan agar menerapkan pemberian air kelapa muda hijau dan rebusan daun alpukat sebagai salah satu tindakan untuk menurunkan tekanan darah.

Published
2022-07-21