HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI TABLET FE DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NARMADA

  • Addian Aprilliana
  • Siti Naili Ilmiyani STIKes Hamzar
  • Nurannisa Fitria Aprianti STIKes Hamzar
  • Baiq Disnalia Siswari
Keywords: pengetahuan, pola konsumsi, tablet Fe, anemia

Abstract

Latar belakang: Faktor yang mempengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil yaitu faktor langsung dan tidak langsung, pengetahuan dan pola konsumsi tablet Fe menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian anemia ibu hamil. 

Tujuan penelian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dan pola konsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia pada ibu hamil.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Narmada yang melakukan kunjungan di Poli KIA Puskesmas Narmada pada Tahun 2020  dengan sampel 83 responden menggunakan teknik sampling jenis simpel random sampling. Variabel independen adalah pengetahuan dan pola konsumsi tablet Fe. Variabel dependen adalah kejadian anemia. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner modifikasi test pengetahuan dan pola konsumsi tablet Fe kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat yang dinyatakan dalam distribusi frekuensi dan bivariate menggunakan uji chi square

Hasil: Gambaran tingkat pengetahuan yaitu baik 10 responden (12%), cukup 38 responden (45.8%), kurang 35 responden (42.2%). Mengkonsumsi tablet Fe 4 responden (4.8%) dan tidak mengkonsumsi 75 responden (95.2%). Berdasarkan uji chi square terdapat hubungan tingkat pengetahuan  dengan kejadian anemia (p Value 0.03)  dan pola konsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia (p Value 0.039; OR 7.773).

Kesimpulan: Ada hubungan tingkat pengetahuan dan pola konsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia pada ibu hamil.

Published
2022-07-21