PERBEDAAN TINGKAT STRES PADA ANAK USIA SEKOLAH SAAT PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN DI RUMAH AKIBAT ANJURAN SOCIAL DISTANCING DI SDN 1 SUKAMULIA

  • Ayudia Arisma
  • Ns. Ririnisahawaitun, M.Kep STIKes Hamzar
  • Ns. Sasteri Yuliyanti., M.Kep STIKes Hamzar
Keywords: Tingkat Stres, Anak Usia Sekolah, Pembelajaran di Sekolah dan di Rumah

Abstract

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 di Indonesia mengharuskan diberlakukanya social distancing yang juga diterapkan dalam bidang pendidikan, berlaku juga pada anak usia sekolah untuk melakukan pembelajaran di rumah yang mengharuskan anak menggunakan sistem pembelajaran yang berbeda dengan sebelumnya dan ini menyebabkan stres pada anak ditambah harus mengerjakan tugas yang lebih banyak dari pada saat pembelajaran di sekolah.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat stres pada anak usia sekolah saat pembelajaran di sekolah dan di rumah akibat social distacing di SDN 1 Sukamulia.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan komparatif dan menggunakan desain penelitian cohort. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV - VI di SDN 1 Sukamulia, yang berjumlah 157 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling yaitu sebanyak 114 sampel. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan yaitu Independent Sampel t- test.

Hasil: Dari hasil penelitian dapat dilihat saat pembelajaran di sekolah anak yang mengalami stres ringan sebanyak 9 anak, anak yang mengalami stres sedang sebanyak 37 anak, sedangkan anak yang mengalami stres berat adalah 11 anak. Anak yang melakukan pembelajaran di rumah mengalami stres berat yaitu sebanyak 17 anak, anak yang mengalami stres sedang ada 38 anak, sedangkan anak yang mengalami stres ringan sebanyak 2 anak. Berdasarkan uji analisis juga didapatkan hasil p-value 0,033.

Simpulan: Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tingkat stres pada anak usia sekolah saat pembelajaran di sekolah dan di rumah akibat anjuran social distacing di SDN 1 Sukamulia.

Saran: lokasi pembelajaran di satu tempat dan tidak berpindah-pindah, yang sekiranya tempatnya tidak terlalu ramai dan menimbulkan kebisingan, dan penugasan sebaiknya dikurangi dengan memberikan satu pekerjaan rumah (PR) setiap sekali pertemuan.

 

Published
2022-07-21