HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANC DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERARA

  • Baiq Disnalia Siswari STIKES HAMZAR
  • Mutjayanah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hamzar
  • Inene Gugu Q. Ria Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hamzar
Keywords: Kualitas, Pelayanan Ante Natal Care, Kepuasan Pasien

Abstract

ABSTRAK

Upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak Indonesia telah lama dilakukan sejak berdirinya Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA) pada tahun 1950 yang memberi pelayanan berupa perawatan kehamilan,persalinan,perawatan bayi dan anak,pendidikan kesehatan dan pelayanan keluarga berencana.Namun sampai saat ini angka kematian ibu dan bayi masih tinggi  (prasetyawati, 2012). Kualitas layanan yang didasarkan pada pemenuhan kebutuhan, keinginan serta ketepatan pelayanan Antenatal Care untuk mengimbangi harapan pasien. Pelayanan Antenatal Care merupakan pelayanan yang sangat penting yang diberikan kepada ibu hamil agar kehamilan sehat sampai melahirkan bayi yang sehat dan ibu juga sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Antenatal Care dengan kepuasan pasien di Puskesmas Terara. Desain penelitian : deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah ibu hamil yang ada di Puskesmas Terara, sebanyak 83 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian kualitas pelayanan  Antenatal Care, kurang baik sebanyak 23 orang (27,7%). tingkat kepuasan pasien yang tidak puas sebanyak 24 orang (28,9%). Ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien dengan nilai Sig.= 0.000 < a (0.05). disarankan kepada Puskesmas, dan para Peneliti agar lebih meningkatkan layanan Antenatal Care sesuai dengan standar 10 T agar kepuasan pasien dapat dicapai dengan baik, pasien akan puas, bahagia dengan layanan yang baik, kualitas tercapai. Bagi Bidan khususnya di Ruang KIA hendaknya selalu memberikan pelayanan ANC sesuai Standar 10 T yang sudah ada supaya dijalankan dengan benar guna meningkatkan kualitas pelayanan ANC yang profesional. 

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : SuatuPendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Adriaansz, Wiknjosastro dan Waspodo, 2013. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjdo.
Abu bakar AN, Siregar. 2012. Kualitas Pelayanan penyuluhan dan Kepuasan Petani dalam penanganan dan pengolahan Hasil Bumi (lpomoea batatas L.). Jurnal Penyuluhan Pertanian 5(1) Mei 2012.
Abdul Kadir , 2005. Dasar pemrograman Web dengan ASP. Yogjakarta : Andi
___________, 2013. Pengenalan System Informasi. Yogjakarta : Andi Offset
Azwar, Azrul H., 2007.Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
, 2012. Pengantar Administrasi Kesehatan, Jakarta : Binarupa Aksara
A.Azis Alimul Hidayat, 2014 Pengantar Kebutuhan dasar manusia,Edisi 2. Jakarta:Salemba medika
AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajeman Sumber Daya Manusia Perusahan, Bandung. Remaja Rosdakarya
Anderson, R. Joanna K, dkk. 2009. Equity in Health Service, Emperical Analysisin Social Policy. Mass Ballinger Publishing Campany, Cambrige.
Donabedian, A. 2009. Exprolation in Quality Assesment and Monitoring.ArborMichigan Health Administration Press.
Depkes, 2010. Mutu Pelayanan Jakarta : Depkes
_, 2013 Mutu Pelayanan Jakarta : Depkes
Gibson, Jl, et.al. 2013. Organisasi dan Manajemen Perilaku,Struktur, Proses,Jakarta: Erlangga.
Gonzales, M. 2009. Cultur ,Diseas and Healing Studies in Medical Anthropology,New York: Millan Publishing,Co,INC.
_________, 2013. Differences in Muscle Activation Pattien during Sit to Stand Task Among Subjects with and without Intllectual Disability, Departement of Physiotherapy, Faculty of Health Sciences, University of Malaga, Spain.
Hartini, 2014. Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care (ANC) Oleh Bidan di Wilayah Puskesmas Ngoresan
Ikatan Bidan Indonesia, 2004. Program Bidan Delima: Instrumen Validasi, Jakarta.
Jacobalis, S.2013. Liberalisasi Bisnis Jasa Kesehatan dan Dampaknya Bagi Rumah Sakit Indonesia, Jakarta : IRSJAM XXXVII
Kotler, P. 2012. Pemasaran : Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Pengendalian, diindonesiakan oleh Ancella Aniwati Hermawan, Salemba Empat : Prentice Hall Edisi Indonesia.
_______, Philip, dan Gary Armstrong, 2014. Principle OF Marketing, 15thedition New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Nursalam, 2014. Konse Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Profesional. Jakarta : Salemba Medika.
Notoatmodjo, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta: Jakarta.
______, 2014, Ilmu Perilaku Kesehatan Jakarta : Rineka Cipta.
Padila., 2014. Keperawatan Maternitas. Yogjakarta : Nuha Medika.
Pantiawati, dkk. 2012. Asuhan Kebidanan 1. Jakarta : Nuha Medika
Pohan, I.S., 2014, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, Penerbit Buku Kedokteran ECG: Jakarta.
Priyoto, 2014. Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan, Yogjakarta: Nuha Medika.
Sabarguna, Boy., 2013.Qualiti Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Yogjakarta ; Konsorium Rumah Sakit Islam Jateng-DIY
Sari, Vinta, 2015. Study Deskriptif Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan ANC di Puskesmas Nalumsari Jepara.
Saifuddin AB, dkk. Buku Acuan nasional pelayanan kesehatan maternal dan neonatal.Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta. 2013.
Published
2019-07-31
How to Cite
Baiq Disnalia Siswari, Mutjayanah, & Inene Gugu Q. Ria. (2019). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANC DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERARA. ProHealth Journal, 16(1). Retrieved from http://jurnal.stikeshamzar.ac.id/index.php/PHJ/article/view/73