Pengaruh Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Diagnosa Gangguan Keseimbangan Asam Basa dalam Tubuh Pada Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan STIKes Hamzar
Abstract
Latar Belakang: Keseimbangan asam basa dipengaruhi oleh jumlah ion hydrogen dalam tubuh. Jika ion hydrogen dalam tubuh tidak seimbang maka akan menyebabkan gangguan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Materi ini harus dipahami mahasiswa keperawatan untuk mampu mendiagnosa gangguan-gangguan keseimbangan asam basa dalam tubuh. Materi ini bersifat abstrak sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa. Tujuan: untuk menganalisis pengaruh pemberian video animasi terhadap kemampuan mendiagnosa gangguan keseimbangan asam basa dalam tubuh. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah semua mahasiswa semester I Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Tahun berjumlah 88 orang. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji independen sample t-test. Hasil Penelitian: berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig. < 0,05 yaitu 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun, Jika dilihat dari nilai mean pada kelompok ekperimen yang diberikan media pembelajaran menggunakan animasi lebih tinggi yaitu sebesar 74.52 dibandingkan dengan nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 68.95 yang diberikan media pembelajaran menggunakan Power Point.
References
Abramowitz M. Acid-Base Balance and Physical Function. Clinical Journal of the American Society of Nephrology. 2014;9(12):2030-2032.
Alvitasari, Alya Tri., Rumawati, Tati.(2021). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap PEngetahuan Remaja Tentang Covid-19.
Astuti, Y., & Mustadi, A. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadap KeterampilanMenulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD”. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2, No. 2, hlm. 250-262
Emy Siswanah. 2013. Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Walisongo Semarang, Jurnal Phenomenon. vol 3, no 2.Arikunto, S. 2013. Prosedur: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta
Fitriani, Ade, Muhammad Danial, dan Muhammad Wijaya. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro pada Konsep Ikatan Kimia. Jurnal Chemica. Vol. 15 No. 2.
Haris, SDH. 2018. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Makanan Bergizi, Seimbang dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahu 2017. Quality Jurnal Kesehatan, Vol 1 No. 1 Hal. 38-42
Horne, M. M & Swearingen,P. L. (2000). Keseimbangan cairan, elektrolit, & Asam Basa. (ed. 2). Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Kate, N., Dima, A. (2016). An Attentional Goldilocks Effect: An Optimal Amount of Social Interactivity Promotes Word Learning from Video. J Cogn Dev. 2016 January 1; 17(1): 30–40.
doi:10.1080/15248372.2015.1034316
Maulina, Khairil, dan Safrida. 2017. Penerapan Model PBL dipadu Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan Manusi di SMP Negeri 5 Banda Aceh.
Mustabsyira, dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Studi Pada Materi Reaksi Oksidsi Dan Reduksi). Jurnal Chmeica Vo. 21 NOmor 2 Desember, Hal 142-149.
Notoadmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Sakti, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol X No.1. FKIP Universitas Bengkulu.Nuraini, 2018. Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Ilmiah. Vol 6.no1
Stewart PA. How to understand acid-base. A quantitative acid-base primer for biology and medicine. New York: Elsevier; 1981. Hlm. 1–286.
Yu Hu, Qian Li., Yaping C. (2018). Evaluation of two health education interventions to improve the varicella vaccination: a randomized controlled trial from a province in the east China. BMC Public Health. 18:144. DOI 10.1186/s12889-018-5
Copyright (c) 2023 Baiq Fina Farlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with ProHealth Journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant ProHealth Journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in ProHealth Journal.
-
Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in ProHealth Journal.