Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Optimisme Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Akhir Stikes Hamzar Lombok Timur

  • Agustina Mara
  • Muh. Jumaidi Sapwal S1 Ilmu Keperawatan STIKES Hamzar Lombok Timur
  • Dina Alfiana Ikhwani S1 Ilmu Keperawatan STIKES Hamzar Lombok Timur
Keywords: Kepercayaan Diri, Optimisme, Skripsi

Abstract

Latar Belakang : Optimisme merupakan dorongan dari hati yang memunculkan suatu keyakinan untuk selalu berfikir positif. Faktor yang mempengaruhi sikap optimis dalam diri seseorang adalah unsur keperibadian salah satunya adalah Kepercayaan diri. Kepercayaan Diri merupakan suatu keyakinan atau nilai diri dengan potensi yang kita miliki. Dalam mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir,mahasiswa dibutuhkan kepercayaan diri karena kepercayan diri mahasiswa merupakan salah satu faktor internal dalam penyelesaian skripsi.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Optimisme menyusun Skripsi pada mahasiswa Akhir Stikes Hamzar Lombok Timur.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 41 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Total Sampling dan didapatkan sebanyak 41 responden, analisa yang digunakan yaitu uji statistic Rank Spearman

Hasil : Pada hasil uji statistic Rank Spearman nilai signifikansinya didapatkan p-value yaitu 0,000 (p<0,05).

Simpulan : Ada Hubungan Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Optimisme Menyusun Skripsi pada mahasiswa akhir STIkes Hamzar Lombok Timur.

References

Adilia, M. D. (2010). Hubungan Self-Esteem dengan Optimisme Meraih Kesuksesan Karir pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Skripsi Dipublikasikan). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Agus Riyanto. (2017). Aplikasi Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogtakarta:

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, S. F. (2016). Hubungan Antara Optimisme dengan Kemampuan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Bekerja Part-Time. (Skripsi Dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Deni & Ifdil. (2016). Konsep kepercayaan diri remaja putri. http://jurnal.iicet.org

Farida, A. (2004). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Optimisme pada Penderita HIV/AIDS. (Skripsi Dipublikasikan). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Farihah. (2014). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Stres Mahasiswa angkatan 2010 yang Menyusun Skripsi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fauzi Ahmad S. (2019) Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Dalam Menyelesaikan Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Khoirunnisa, (2014). Hubuungan Kepercayaan Diri dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa

Mutmainnah. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Optimisme Masa Depan Pada Mahasiswa Program Twinning Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ningrum, D.W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada mahasiswa Universitas Esa Unggul yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi, 9(1).

Nino. (2016). Pengaruh kepercayaan diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.

Nuriyati, S.(2011). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan kelas pada Mahasiswa DIV STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Yogyakarta : STIKES ‘Aisyiyah.of perceived stress in everyday

college life. China: Hong Kong Polytechnic University. Retrieved from. pada Mahasiswa dalam Penyususnan Skripsi Jurusan Keperawatan.

Nursalam. 2016. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi.4.Jakarta: Salemba Medika Optimisme Terhadap Masa Depan Anak Yatim Piatu. Jurnal Intervensi Psikologi, 1 (5), 1-24.

Rahayuningdiyah, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1. 3-4. Remaja Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Medan. Universitas sumatera utara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syafrullah, Rokayah. C, Nurdin. R . Hubungan kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa kelas alih tranfer program sarjana keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, Volume 5 No 2, Hal 72 - 76, November 2017 FIKKes Universitas Muhammadiyah Semarang bekerjasama dengan PPNI Jawa Tengah.

Vandini, (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Program Studi Teknik Informatika,Fakultas Teknik, Matematika, dan IPA Universitas Indraprasta PGRI.

Widyatama, A. (2010). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Optimisme Masa Depan Pada Siswa Program Akselerasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Published
2023-12-27
How to Cite
Agustina Mara, Muh. Jumaidi Sapwal, & Dina Alfiana Ikhwani. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Optimisme Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Akhir Stikes Hamzar Lombok Timur. ProHealth Journal, 20(2), 64-71. https://doi.org/10.59802/phj.2023202114